Missouri – Sebuah penelitian menyebutkan bahwa banyak warga Amerika Serikat yang saat ini beralih dengan membeli iPad untuk membaca berita dan menghentikan berlangganan surat kabar.

Hasil survei baru ini merupakan pertanda baik bagi berita, namun tidak begitu baik untuk percetakan yang mencetak surat kabar.

Sebuah tim di Missouri School of Journalism mempelajari dalam sebuah survei terhadap 1609 pemilik iPad Apple (AAPL) yang dilakukan selama tiga bulan terakhir.

Hasilnya, mereka menggunakan iPad untuk mengikuti laporan berita dan acara terbaru saat ini sebagai penggunaan yang paling populer untuk perangkat ini, yakni sebanyak 84,4% responden mengatakan bahwa ini merupakan salah satu penggunaan utama mereka.

Lalu lebih dari tiga perempat pengguna (78,6%) telah menghabiskan setidaknya selama 30 menit untuk mencari berita sehari-hari pada iPad mereka.

Kemudian hampir setengah responden (48,9%) mengatakan bahwa mereka menghabiskan waktu selama satu jam atau lebih mengkonsumsi berita di iPad mereka.

Di antara 931 responden yang menyatakan bahwa mereka saat ini tetap berlangganan koran cetak, ada statistik yang signifikan, namun cukup kuat bahwa ada korelasi positif antara konsumsi berita iPad dan kemungkinan membatalkan langganan cetak mereka.

Sebagai contoh, lebih dari setengah responden (58,1%) yang berlangganan surat kabar cetak dan menggunakan iPad mereka minimal satu jam sehari untuk melihat berita dan mengatakan mereka sangat mungkin untuk membatalkan langganan koran cetak mereka dalam enam bulan ke depan.

Lebih dari 3 dari 10 responden (30,6%) menyatakan bahwa mereka tidak berlangganan koran dicetak, dan yang lain dari salah satu dari 10 responden (10,7%) mengatakan bahwa mereka telah membatalkan langganan mereka untuk surat kabar cetak dan beralih ke membaca koran digital pada iPad mereka.

Tipe pemilik iPad yang menanggapi survei ini salah satunya adalah seorang pria berusia 48 tahun dengan gelar BA, berpenghasilan lebih dari $ 100.000 setahun dan membeli iPad nya dalam waktu dua bulan setelah peluncurannya

About these ads